Hasil Riset Pasar Emas pada 15 Maret 2023

2023-03-15 14:50Sumber:BtcDana

Harga emas spot turun 0,1% di $1.902,18/oz, sedangkan harga emas berjangka turun 0,3% di $1.905,90/oz pukul 07.04 WIB. Kedua instrumen ini turun sekitar 0,5% pada sesi sebelumnya.


Harga emas turun pada hari Rabu setelah jatuh dari level tertinggi enam minggu di sesi sebelumnya. Pasalnya data inflasi AS beragam menimbulkan ketidakpastian mengenai sikap Federal Reserve terhadap kebijakan moneter, sementara kekhawatiran akan krisis perbankan di negara tersebut terus berlanjut.


Logam mulia naik tajam dalam beberapa sesi terakhir karena bangkrutnya beberapa bank AS memicu peralihan ke aset-aset tradisional yang aman. Tekanan pada sistem perbankan juga membuat pasar mulai menilai langkah Fed yang tidak terlalu hawkish, dengan spekulasi bahwa bank sentral akan mencoba untuk mencegah gejolak ekonomi yang lebih besar.


Inflasi konsumen AS menurun seperti yang diharapkan pada bulan Februari, data menunjukkan pada hari Selasa, tetapi inflasi inti secara tak terduga naik dari bulan sebelumnya - menjaga tekanan pada The Fed untuk mengetatkan kebijakan lebih lanjut.

Imbal hasil Treasury AS pulih dari penurunan baru ini pada hari Selasa, menekan harga emas, sementara pasar juga memperkirakan adanya kenaikan suku bunga 50 basis poin oleh European Central Bank pada hari Kamis.


Emas (XAUUSD) merubah struktur market dan membentuk higher high pada TF H1 dan potensi koreksi harga dapat terjadi pada area resistance, open posisi sell perlu mendapat konfirmasi breakout pada level harga 1895 untuk menuju support terdekat pada level area 1870-1855 dengan potensi resiko pada level harga 1905.

 https://asset.onetrader.online/upload/file/1678809600000/1678863042173.png

Disclaimer: Materi ini adalah analisa oleh Quant Tech Limited dan telah memperoleh izin dari Quant Tech Limited. Pandangan dalam materi ini adalah milik analis dan/atau Quant Tech Limited dan BtcDana tidak mendukung atau merekomendasikan investasi atau perdagangan apa pun yang dibahas dalam materi ini. Sebelum bertindak berdasarkan materi ini, mohon mempertimbangkan apakah materi ini cocok dengan situasi Anda dan jika perlu, mohon mencari nasihat profesional.


Lainnya