Harga Bitcoin Berbeda Dengan Platform Lain? Kok Bisa? Yuk Simak Jawabannya!

2021-12-13 15:05Sumber:BtcDana

Akhir-akhir ini pergerakan pasar Bitcoin sangat besar. Banyak traders di BTCDana yang trading BTC/USD. Namun kami menerima beberapa komplain yang mengatakan harga Bitcoin kami bermasalah. Berikut adalah rincian komplain dan pertanyaan dari beberapa trader kami.

https://asset.onetrader.online/upload/file/1639324800000/1639379424899.png

https://asset.onetrader.online/upload/file/1639324800000/1639379447938.png

 

Komplain diatas telah disampaikan ke Product Manager BTCDana, Martin. Hal ini terjadi karena ada kesalahpahaman dari sisi pelanggan. Disini, pakar BTCDana Martin akan menjelaskan masalah ini.


Pertanyaan 1: Harga Bitcoin tidak sesuai

Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang kutipan harga adalah“hanya ada satu harga Bitcoin di dunia”. Namun nyatanya hal ini tidak benar. Analoginya, Bitcoin mirip seperti daging yang Anda beli di pasar, atau susu yang Anda beli di supermarket. Toko yang berbeda akan menjualnya dengan harga yang sedikit berbeda. Sebagai bukti, berikut adalah kutipan harga Bitcoin di beberapa broker di dunia.

Apa yang menyebabkan perbedaan harga ini? Sebagai produk investasi yang sangat populer akhir-akhir ini, Bitcoin tidak seperti produk investasi konvensional seperti Forex ataupun Emas yang memiliki pasar perdagangan yang sentral. Sebenarnya, para investor membeli dan menjual Bitcoin di banyak pusat perdagangan yang berbeda. Setiap bursa memiliki pelanggan yang berbeda yang mengakibatkan harga transaksi di waktu yang sama menjadi berbeda

https://asset.onetrader.online/upload/file/1639324800000/1639379561374.png

Contoh, pada waktu yang sama, di bursa perdagangan A, ada lebih banyak investor yang ingin membeli Bitcoin dibanding yang menjual. Sedangkan di bursa perdagangan B, ada lebih banyak investor yang ingin menjual Bitcoin dibanding yang ingin membeli. Saat ini terjadi, harga Bitcoin di pusat perdagangan A akan menjadi lebih tinggi dibanding harga Bitcoin di pusat perdagangan B. 


Tentu saja, masih ada banyak faktor yang mempengaruhi harga ini, misalnya biaya admin, peraturan dari bursa, dll. Lantas apakah ini artinya harga Bitcoin kacau? Faktanya, walaupun harga Bitcoin berbeda, namun tren harga Bitcoin di semua bursa itu sama, jika tren berbeda, maka ada ruang untuk arbitrase, dan trader yang mempergunakan kesempatan ini akan membuat harga kurang lebih sama. Kembali ke contoh Bursa A dan Bursa B. Jika harga Bitcoin di Bursa A terlalu tinggi, maka akan ada investor yang membeli Bitcoin di bursa B (dimana harga lebih rendah) dan menjualnya di Bursa A. Hal ini akan membuat tren harga di kedua bursa berubah menjadi sama dan perbedaan harga akan berubah hingga tidak ada untung untuk melakukan pembelian di Bursa B dan menjual di Bursa A (karena ada biaya transaksi dan transfer antar bursa memakan waktu).


Pertanyaan 2: Tidak mengetahui bahwa BTC/USD dan BTC/USDT adalah dua varietas perdagangan yang berbeda, dengan kutipan harga yang sangat berbeda

Di atas kami sempat mengatakan bahwa kutipan harga setiap Bursa berbeda, namun ketika melakukan perbandingan, ada satu hal penting yang sering diabaikan bahkan traders yang berpengalaman. Masalah ini adalah kutipan harga BTC/USD dan BTC/USDT. Berikut adalah kutipan harga kedua varietas.

https://asset.onetrader.online/upload/file/1639324800000/1639379495335.png

Pertama-tama, kami ini menegaskan bahwa varietas perdagangan yang tersedia di BTCDana adalah BTC/USD. Lantas apa perbedaan di laporan harga kedua varietas ini? Pertama-tama, BTC/USD, tidak sulit bagi semua orang untuk memahami bahwa produk ini menggunakan kutipan harga Bitcoin lawan USD. USDT dibuat pada tahun 2014. USDT adalah produk yang dibuat oleh perusahaan Tether yang menjamin nilai 1USDT sama dengan 1 USD. Belakangan, dengan perubahan regulasi industri keuangan terhadap USD dan cryptocurrency, pertukaran Bitcoin ke USD di Bursa tanpa izin menjadi semakin sulit. Oleh karena itu, beberapa Bursa besar beralih menggunakan USDT sebagai kutipan harga dan untuk trading. Walaupun Tether menjamin 1USDT memiliki nilai yang sama dengan 1 USD, namun karena pasokan dan permintaan pasar, dan juga biaya penukaran, sebenarnya ada perbedaan antara nilai USD dan USDT. Seperti gambar di bawah ini, kutipan harga USDT/USD juga berbeda. 

https://asset.onetrader.online/upload/file/1639324800000/1639379571113.png

 

Kesimpulan

Varietas perdagangan yang disediakan oleh BTCDana menggunakan kutipan harga BTC/USD karena kami memiliki izin yang memperbolehkan kami untuk melakukan perdagangan dengan USD. Namun, kami tidak menutup kemungkinan untuk mengeluarkan varietas perdagangan BTC/USDT jika ada permintaan dari pelanggan. Semua kutipan harga kami berasal dari Bursa besar, dan semua pesanan akan masuk ke pasar perdagangan. Saat Anda membeli/menjual Bitcoin, akan ada investor di salah satu pelusuk dunia yang menjual/membeli Bitcoin Anda. Semua trading adalah transaksi nyata. BTCDana berkomitmen untuk menyediakan lingkungan dan kondisi perdagangan yang terbaik untuk membantu investor kami sukses di pasar.






Lainnya