Analisa Malam NFP pada hari Jumat 08 Oktober 2021

2021-10-08 14:40Sumber:BtcDana

Pada hari Jumat sesi Asia, Indeks dolar AS pada dasarnya stabil dan sekarang berada di sekitar 94,25. Pasar akan fokus pada laporan ketenagakerjaan non-pertanian AS (NFP) pada hari ini. Data tersebut dapat membantu memberikan petunjuk apakah Fed akan mulai mengurangi skala pembelian aset sebelum akhir tahun. Pasar diperkirakan akan mengalami fluktuasi drastis setelah pasar non-pertanian dirilis. 


Data tenagakerja non-pertanian ADP yang dirilis sebelumnya dan data jumlah klaim pengangguran awal di Amerika Serikat lebih baik dari perkiraan (Data ketenagakerjaan ADP menunjukkan bahwa jumlah pekerjaan baru di Amerika Serikat pada bulan September adalah 568.000, yang lebih baik dari perkiraan ekonom Wall Street Journal yaitu peningkatan 425.000 orang. Jumlah klaim awal untuk tunjangan pengangguran turun 38.000 menjadi 326.000 pada minggu 2 Oktober, yang lebih baik dari perkiraan ekonom Wall Street Journal yaitu 345.000). Data ini mengisyaratkan bahwa data NFP Amerika Serikat juga akan lebih baik dari perkiraan. Jika demikian, dolar AS diperkirakan akan naik, sementara emas, euro, dan energi dalam risiko penjualan.


Data pekerjaan non-pertanian yang dirilis pada hari Jumat diharapkan menunjukkan bahwa pasar kerja AS terus membaik. Survei institusional menunjukkan bahwa pekerjaan non-pertanian diperkirakan akan meningkat sebesar 488.000 pada bulan September, dan tingkat pengangguran pada bulan September diperkirakan akan sedikit menurun dari 5,2% menjadi 5,1%. Juga perlu memperhatikan data gaji. Survei menunjukkan bahwa tingkat upah per jam rata-rata bulanan di Amerika Serikat pada bulan September diperkirakan akan naik sebesar 0,4%, dan tingkat tahunan diperkirakan akan naik sebesar 4,6%, yang baik untuk kenaikan dolar.


Data ketenagakerjaan non-pertanian selalu menjadi faktor pendorong tren pasar. Jika data tidak baik, maka akan memberikan dukungan dovish kepada The Fed, namun jika data mengejutkan, ditambah dengan risiko peningkatan inflasi akibat krisis energi, kemungkinan besar The Fed akan mulai mengurangi skala pembelian utang dan mendukung dolar AS.


Disclaimer: Materi ini adalah analisa oleh Quant Tech Limited dan telah memperoleh izin dari Quant Tech Limited. Pandangan dalam materi ini adalah milik analis dan/atau Quant Tech Limited dan BTCDana tidak mendukung atau merekomendasikan investasi atau perdagangan apa pun yang dibahas dalam materi ini. Sebelum bertindak berdasarkan materi ini, mohon mempertimbangkan apakah materi ini cocok dengan situasi Anda dan jika perlu, mohon mencari nasihat profesional.


Lainnya