Share&Tebak Data NFP Berhadiah!

2020-08-04 15:20Sumber:BtcDana

Apa itu Non-Farm Payroll (NFP)?


Non-Farm Payroll (NFP) adalah data yang mencerminkan tingkat tenaga kerja non-pertanian, jumlah tenaga kerja non-pertanian dan tingkat pengangguran AS. Data ini menunjukkan tren ekonomi AS. Data yang baik berarti ekonomi membaik, jika data buruk maka ini berarti ekonomi juga memburuk. Jumlah pekerja non-pertanian mencerminkan perkembangan industri manufaktur dan layanan. Data NFP yang berkurang berarti perusahaan menurunkan produksi dan ekonomi mulai resesi. Saat ekonomi berkembang, konsumsi juga akan meningkat secara otomatis, lowongan kerja dalam industri konsumen dan layanan juga akan meningkat. Saat data NFP mencatat kenaikan pesat, ini menunjukkan situasi ekonomi yang sehat. Oleh karena itu, data ini adalah indikator yang penting untuk mengamati tingkat dan status perkenbangan social-ekonomi dan keuangan. 


Data NFP dapat mempengaruhi nilai dolar AS pada pasar keuangan. Laporan tenaga kerja NFP yang dinamis dapat mendorong suku bunga naik, membuat dolar AS lebih menarik bagi investor asing dan investor bisa mendapat uang dengan membeli obligasi pemerintah. Dari sisi lain, laporan NFP yang buruk akan membuat permintaan dolar AS melemah. Pelemahan dolar AS akan memperburuk kondisi pasar saham AS dan menekan buku bunga. Kedua faktor ini akan mengurangi daya tarik dolar AS untuk investor asing. 


Data NFP yang lebih baik dari perkiraan berarti ekonomi AS yang membaik. Dolar akan menguat dan emas, perak, minyak akan melemah. Data NFP yang lebih buruk dari perkiraan berarti kondisi ekonomi AS memburuk. Dolar AS akan melemah, dan emas, perak, minyak akan menguat. Dari segi nilai tukar, dolar AS sangat sensitif terhadap data NFP. Data NFP jugalah data yang sangat penting saat berinvestasi. Data NFP akan secara langsung mempengaruhi kebijakan moneter Fed AS terhadap AS. Jika ekonomi memburuk, Fed AS akan cenderung memangkas bunga, dan dolar AS akan depresiasi. Jika ekonomi baik, Fed AS cenderung meningkatkan suku bunga, nilai dolar AS meningkat. Apresiasi dan depresiasi dolar AS akan mempengaruhi indeks dolar AS secara langsung.


Data NFP secara langsung mempengaruhi harga dolar AS. Oleh karena itu, semua produk keuangan yang bergantung pada dolar AS akan terpengaruh. Ini juga mengapa NFP menjadi salah saktu waktu dimana perdagangan akan semakin marak.


Data ini biasa diumumkan pada Jumat pertama setiap bulan. Untuk bulan ini, data NFP akan diumumkan pada 07 Agustus pukul 19:30. 

https://asset.ycxfy.com/upload/file/1596470400000/1596525807017.jpg


Nah sekarang sudah tau kan tetang NFP? Ayo ke Facebook BTC Dana untuk mengikuti Share&Tebak data NFP. Berhadiah loh!


Lainnya