Apa itu EIA? Kenapa EIA Begitu Penting?

2020-07-14 17:20Sumber:BtcDana

Halo Traders! Tau kan BTC Dana ada aktivitas Share&Tebak Data EIA? EIA Sebenernya apa sih? Yuk dibaca penjelasan singkat ini!

Energy Information Administration (EIA) adalah Administrasi Informasi Energi, organisasi resmi dari Departemen Energi AS. Sekarang, para traders dan lembaga energi internasional menggunakan data inventaris minyak mentah EIA. 


Data EIA diumukan seminggu sekali pada hari Rabu pukul 9.30 malam (WIB). Data ini menunjukkan persediaan minyak mentah di AS minggu itu dan memiliki dampak besar terhadap minyak mentah dan minyak olahan (bensin, diesel, aspal, dll). Data ini juga memiliki dampak tertentu pada pasar valuta asing (forex) dan pasar logam mulia. Investor patut memperhatikan data ini. 


Dampak inventaris minyak mentah EIA:


Secara umum, tren minyak mentah berlawanan dengan tren indeks dolar AS, dan sama dengan tren logam mulia. Hanya dalam situasi khusus, tren minyak mentah akan berlawanan dengan tren logam mulia.


Perubahan inventaris minyak mentah sebenarnya mencerminkan sikap pemerintah AS terhadap harga minyak. Jika inventaris minyak mentah jangka panjang meningkat secara signifikan, berarti pemerintah AS setuju dengan harga minyak saat itu, lalu akan menggunakan strategi penambahan cadangan minyak mentah mereka untuk membantu meningkatkan permintaan minyak, yang akan membuat harga minyak menguat.


Kebalikannya, jika inventaris minyak mentah jangka panjang menurun banyak, berarti pemerintah AS tidak setuju dengan harga minyak di waktu tersebut, maka akan menggunakan strategi pengurangan cadangan minyak untuk mengkonsumsikan minyak mereka. Ini membantu mengurangi kontradiksi antara penawaran dan permintaan, dan menyebabkan harga minyak jatuh.


Persediaan minyak EIA dan persediaan minyak OPEC berbeda dimana persediaan minyak EIA memiliki dampak yang lebih besar terhadap nilai tukar dolar AS.


Jangan lupa untuk berpartisipasi di acara Share&Tebak data EIA di Facebook kami ya! Berhadiah $1 loh!

Lainnya